Rabu, 17 Januari 2018

7 Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

7 Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

Surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang paling penting pada saat anda melamar pekerjaan. Sebagai calon karyawan anda harus bisa menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar dan yang paling penting bisa menarik HRD.

Surat lamaran kerja ini sangat penting perananya pada waktu anda melamar pekerjaan, artinya surat ini bisa menentukan apakah anda akan diterima sebagai karyawan atau tidak.

Tidak perlu rumit untuk menulis sebuah surat lamaran. Agar diterima anda cukup membuat surat lamaran yang umum dan sederhana, walaupun sederhana namun nilainya bisa melebihi surat lamaran yang rumit.

Baik surat lamaran yang ditulis tangan atau diketik lewat komputer semuanya memiliki nilai yang sama, nah agar nantinya surat lamaran anda memiliki nilai lebih dimata HRD maka anda wajib memperhatikan beberapa hal.

Berikut ini 7 tips membuat surat lamaran kerja umum agar menarik perhatian HRD, dan memperbesar peluang anda bisa diterima...

1. Baca Persyaratan Di Info Lowongan Pekerjaan 
Sebelum anda memutuskan untuk melamar dan menulis surat lamaran anda, anda wajib memahami dahulu persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.

Mengapa? Tentu agar lamaran anda tidak sia-sia nantinya. Jadi ketika kualifikasi anda tidak sesuai dengan persyaratan maka jangan memaksa untuk tetap melamar, itu akan sia-sia dan lamaran anda akam dibuang.

2. Gunakan Kata-kata Yang Tepat
Tepat disini yaitu jelas, singkat, padat dan mudah dipahami oleh yang membaca. Setiap hari HRD akan membuka dan membaca banyak sekali surat lamaran.

Tentu mereka akan malas membaca surat lamaran yang panjang namun intinya tidak jelas. Uraikan secara jelas diri anda secara singkat.

Gunakan bahasa baku dan jangan pernah menyingkat kata. Dengan begini maka surat lamaran anda akan diperhitungkan oleh pihak HRD.

3. Jangan Sampai Typo
Jadi jangan sampai ada kesalahan penulisan pada surat lamaran anda, jangan sampai ada coretan pada kertas lamaran anda.

Kesalahan penulisan baik pada nama anda, alamat apalagi nama perusahaan akan sangat merugikan anda. Ini menunjukan anda sebagi seorang yang ceroboh dan tidak profesional.

4. Selalu Cek Dan Ricek
Ini untuk meminimalisir kesalahan penulisan, setiap anda selesai menulis surat lamaran anda selalu cek kata per kata. Ingat, setiap kesalahan sekecil apapun pada surat lamaran anda akan berpengaruh besar.

5. Jaga Kebersihan Surat Lamaran Anda
Surat lamaran pekerjaan yang bersih dan rapi akan menimbulkan kesan baik anda pada HRD. Jangan sampai ada coretan, bekas tipe-x atau lipatan pada kertas lanaran anda. Baik tulisan tangan atau ketikan komputer anda wajib menjada kebersihan.

Baiklah jadi cukup sekian pembahasan kali ini tentang tips menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Sekian dan terima kasih... 


EmoticonEmoticon