Rabu, 17 Januari 2018

3 Tips Mencari Pekerjaan Bagi Lulusan Baru Agar Cepat Kerja

3 Tips Jitu Bagi Lulusan Baru Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Lulusan baru atau fresh graduate sering kali merasa kebingungan perihal apa yang harus dilakukan agar cepat mendapatkan pekerjaan. Saya sering menjumpai postingan yang menanyakan tentang bagaimana cara melamar pekerjaan, apa saja jenis tes seleksi yang harus dihadapi saat melamar pekerjaan.

Berangkat dari hal tersebut saya memutuskan untuk menulis artikel ini dengan harapan nantinya artikel ini bisa membantu para lulusan baru agar tidak bingung lagi saat mencari pekerjaan.

Namun ingat! Bagi anda lulusan baru yang umurnya masih dibawah 18 tahun maka anda belum diperbolehkan untuk melamar pekerjaan, lebih baik anda sabar menunggu hingga umur anda 18 tahun.

Berikut Ini 3 Hal Yang Wajib Diketahui Lulusan Baru Saat Mencari Pekerjaan 


Mencari pekerjaan itu tidak semudah yang anda pikirkan, oleh karena itu anda harus mempersiapkan segala hal agar nantinya bisa mempermudah anda.

Lulusan baru atau fresh graduate biasanya memiliki semangat tinggi namun kurang pengetahuan alias polos, namun setelah anda membaca artikel ini anda akan memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk berjuang nantinya dalam mencari pekerjaan.

Nah silahkan simak penjelasan yang saya paparkan dibawah ini...

1. Lengkapi Berkas Untuk Melamar Pekerjaan


Dalam mencari pekerjaan ada lumayan banyak berkas yang harus anda persiapkan dan anda wajib melengkapi. Ketika nantinya berkas anda ada yang kurang maka akan sangat merugikan anda sendiri.

Nah sebelum anda mulai menebar surat lamaran pekerjaan anda maka anda wajib mengetahui berkas apa saja yang diperlukan.

Apa saja berkasnya?

a) Surat Lamaran Pekerjaan Dan Daftar Riwayat Hidup 
Dua berkas ini wajib ada pada saat anda melamar pekerjaan karena keduanya merupakan hal yang paling penting dan utama. Disarankan agar anda membuatnya dengan tulisan tangan karena akan menjadi nilai tambah bagi anda.

Nah berikut ini beberapa artikel kami yang bisa menambah wawasan anda...



b) KTP Atau Kartu Tanda Penduduk
selanjutnya Yang wajib anda miliki adalah KTP, ini sangat penting karena merupakan persyaratan yang paling utama dalam mencari pekerjaan.

Untuk sekarang ini hampir seluruh perusahaan baik kecil maupun besar mewajibkan pelamar untuk memiliki E-KTP, jika pelamar belum memiliki maka tidak diperkenankan untuk melamar atau ditolak secara mentah-mentah.

Jika anda belum memiliki silahkan anda urus terlebih dahulu agar anda bisa melamar pekerjaan.

c) NPWP Atau Nomor Pokok Wajib Pajak
NPWP ini nantinya digunakan untuk membayar pajak penghasilan anda ketika sudah bekerja. Walaupun biasanya perusahaan tidak mewajibkan namun ada baiknya agar anda membuatnya.

Untuk membuat NPWP anda harus pergi ke Kantor Pajak didaerah anda.

d) Pas Foto 
Biasanya yang paling sering diminta oleh perusahaan pas foto berukuran 2x3, 3x4, dan 4x6. Jika anda mengirimkan lamaran lewat pos anda cukup lampirkan pas foto ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing satu lembar.

e) Berkas Sekolah
Yang saya maksud berkas sekolah disini adalah berkas yang anda dapatkan hasil dari sekolah anda. Yang biasanya diminta sebagai persyaratan melamar oleh perusahaan antara lain Ijazah, SKHUN, dan Transkrip Nilai.

Ada juga perusahaan yang mempersyaratkan agar melampirkan Ijazah dari Sd sampai pendidikan terakhir, jadi anda harus menjaga benar-benar Ijazah anda jangan sampai rusak ataupun hilang.

f) SKCK Dari Kepolisian
SKCK ini adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian yang menerangkan bahwa anda tidak pernah terlibat aksi kejahatan atau kriminal, intinya anda tidak pernah melanggar hukum.

Anda wajib memiliki surat ini dan pada waktu anda melamar SKCK anda harus dalam kondisi berlaku. Masa berlaku SKCK adalah satu tahun sejak dibuat.

g) Kartu Kuning Atau AK1
Kartu kuning biasa disebut juga dengan kartu AK1, kartu ini menerangkan bahwa anda adalah seorang pencari kerja. Anda juga wajib memilikinya, silahkan pergi ke kantor Disnaker daerah anda untuk membuat Kartu kuning.

h) KK Dan Akta Kelahiran
Dua berkas ini juga wajib anda miliki. Kesalahan paling umum dari kedua berkas ini adalah kesalahan penulisan baik nama ataupun tanggal lahir.

Jika KK dan Akta Kelahiran anda ada kesalahan penulisan maka anda wajib memperbaikinya, jika tidak maka akan menjadi masalah nantinya.

i) Surat Keterangan Sehat
Sesuai dengan namanya surat ini menerangkan bahwa anda sehat baik jasmani dan rohani. Sebenarnya surat ini tidak wajib ada saat anda melamar pekerjaan namun ada baiknya agar anda membuatnya.

j) Sertifikat Keahlian Atau Prestasi
Jika anda pernah mengikuti kursus atau pernah menjuarai perlombaan dan mendapatkan sertifikat maka saya sarankan agar anda melampirkanya pada surat lamaran anda. Ini akan menjadi nilai tambah bagi anda nantinya.

2. Cara Melamar Pekerjaan 


Selanjutnya yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara untuk melamar pekerjaan. Ada banyak jalan yang bisa anda lalui untuk melamar pekerjaan.

Lulusan baru biasanya memiliki semangat tinggi dan cenderung labil, hal ini sering dimanfaatkan oleh penipu untuk menipu para lulusan baru dengan iming-iming pekerjaan dengan syarat membayar sejumlah uang. Sebagai lulusan baru anda jangan sampai tergiur akan hal ino, perlu anda ketahui bahwa kebanyakan perusahaan mengutamakan pelamar yang baru lulus untuk dijadikan karyawan.

Nah berikut ini beberapa jalan yang bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan...

a) Melamar Lewat Kantor Pos
Cara paling klasik untuk melamar pekerjaan adalah dengan mengirimkan surat lamaran lewat Pos. Jadi anda harus mencari informasi perusahaan mana yang sedang membuka lowongan pekerjaan, lalu anda tinggal kirimkan saja surat lamaran lewat kantor Pos ke alamat perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Selain lewat kantor Pos anda juga bisa mengirimkan surat lamaran lewat jasa akspedisi lainya seperti JNE atau TIKI.

b) Melamar Melalui Bursa Kerja Khusus 
Bursa Kerja Khusus atau BKK ini ada di sekolah-sekolah, jadi sistemnya anda membayar untuk mengikuti tes. Biayanya setiap BKK berbeda ada yang Rp 30000 ada juga yang lebih mahal.

Selain mendaftar langsung ada juga beberapa BKK yang menyediakan pendaftaran melalui website atau secara online.

Melamar melalui BKK ini sangat kami rekomendasikan karena anda jelas akan mengikuti tes dan terhindar dari penipuan.

Bacalah beberapa artikel kami agar menambah wawasan anda...



c) Melamar Melalui Website Perusahaan
Saat ini perusahaan banyak yang membuat formulir untuk melamar pekerjaan pada website mereka, ini untuk memudahkan pencari kerja dan sekaligus pihak perusahaan.

Dengan cara ini anda akan hemat uang karena tidak perlu membayar jasa pengiriman dan pihak perusahaan diuntungkan dengan hemat space ditempat kerja karena tidak perlu menyimpan berkas yang jumlanya tentu sangat banyak.

d) Melamar Melalui Aplikasi Smartphone 
Nah dijaman yang modern ini banyak sekali mobile aps yang bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan seperti Jobstreet, Jobsdb, dll.

Jadi anda tinggal membuat lamaran dalam format pdf lalu tinggal mengirimkan melalui aplikasi tersebut.

e) Menitipkan Langsung Ke Perusahaan
Yang ini anda harus cepat tanggap, karena biasanya ketika perusahaan mengumumkan menerima lamaran secara langsung/menitipkan secara langsung ke lokasi perusahaan atau pabrik maka akan sangat banyak pencari kerja yang datang.

Kuota pun biasanya dibatasi jadi anda harus cepat mencari info dan datang ke lokasi agar tidak kehabisan kuota.

3. Macam-Macam Tes Seleksi Kerja


Nah setelah anda mengirimkan lamaran anda lalu anda mendapat undangan untuk mengikuti tes seleksi maka akan ada banyak tes yang akan anda hadapi. Banyak atau tidaknya setiap perusahaan berbeda-beda.

Dibawah ini beberapa tahapan tes yang harus anda hadapi nantinya...

a) Psikotes
Yang pertama akan anda hadapi adalah psikotes, psikotes ada banyak jenisnya. Anda bisa mempelajarinya di blog ini nantinya.

Sebelum dimulai psikotes biasanya peserta akan di ukur tinggi badan terlebih dahulu, jika tidak memenuhi persyaratan maka tidak diijinkan mengikuti tes. Namun ini biasanya hanya perusahaan besar saja yang memberlakukanya.

b) Tes Fisik
Biasanya hanya perusahaan besar yang dalam tahap seleksi karyawan baru ada tes fisiknya. Perusahaan yang bidang kerjanya berat seperi otomotif, pertambangan juga biasanya ada tes fisik.

Dalam tes fisik biasanya yang di tes adalah lari, push up, shit up.

c) Wawancara
Hampir semua perusahaan memberlakukan tes ini dan tes ini pula yang menjadi momok kebanyakan pencari kerja.

Wawancara ada dua tahap yang pertama wawancara psikologi biasanya oleh pihak HRD dan wawancara User. User ini adalah orang yang nantinya akan menjadi atasan kita ketika kita bekerja.

Jika salah satu tahap gagal maka anda tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Nah berikut ini artikel yang bisa anda jadikan referensi dan menambah pengetahuan anda tentang tes wawancara :


d) Medical Check Up
Medical check up atau tes kesehatan ini hampir semua perusahaan memberlakukannya. Nah ada beberapa hal yang wajib anda ketahui agar biasa lolos, silahkan anda baca artikel kami agar menambah wawasan anda :



e) Tahap Training
Walaupun namanya training namun di beberapa perusahaan masih memberlakukan sistim gurur atau eliminasi pada tahap training.

Hal yang paling penting pada saat training adalah datang tepat waktu dan jangan sampai bolos. Sekali saja anda melanggar maka anda bisa jadi akan tereliminasi.

Berikut ini beberapa artikel kami yang bisa menambah wawasan anda :



Nah itulah 3 tips untuk lulusan baru agar mudah dan cepat mendapat pekerjaan. Semoga bisa membantu dan mencerahkan anda.

Sekian dan terima kasih...






EmoticonEmoticon